Rekayasa dan Manajemen Pabrik


Istilah rekayasa selalu berkaitan dengan profesi para insinyur. Menurut The Engineers' Council for Professional Development (ECPD) definsi rekayasa (Engineering) adalah "The creative application of scientific principles to design or develop structures, machines, apparatus, or manufacturing processes, or works utilizing them singly or in combination; or to construct or operate the same with full cognizance of their design; or to forecast their behavior under specific operating conditions; all as respects an intended function, economics of operation and safety to life and property."

Jadi, rekayasa akan berhubungan dengan desain, analysis dan/atau konstruksi kerja-kerja praktis. Cara kerja yang dilakukan para rekayasawan adalah proses kreatif. Secara umum, pengertian rekayasa pabrik adalah proses kreatif mendesain, memperbaiki dan menganalisis elemen-elemen yang ada didalam pabrik.

Istilah manajemen akan berhubungan dengan kegiatan proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian dan pengarahan. Manajemen pabrik adalah proses mengelola komponen-komponen didalam pabrik yang berhubungan dengan interaksi antara pekerja dengan sesama pekerja dan pekerja dengan unsur-unsusr sistem teknis. Berdasarkan definisi diatas, maka pengertian rekayasa dan manajemen pabrik adalah proses kreatif secara terintegrasi rangkaian kegiatan yang ada didalam pabrik sehingga dapat berjalan dengan efisien dan efektif.